SEKILAS INFO
31-01-2023
  • 4 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi MAS Ashhabul Yamin Bakongan Aceh Selatan
11
Jul 2017
0

Pendidikan memang harus berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi. Teknologi ini di ciptakan sebagai buah dari hasil pendidikan. Jadi, memang sudah sangat wajar pada saat sekolah memakai produk teknologi dalam mengembangkan sekolah, baik dari kualitas siswa, guru serta untuk membangun komunikasi intensif dengan orang tua.

Website sekolah adalah salah satu produk teknologi yang harusnya digunakan oleh sekolah. Sangat banyak sekali manfaat yang bisa di peroleh dari pengadaan website untuk sekolah.

Berikut beberapa alasan mengapa sebuah sekolah harus mempunyai website sebagai sarana penunjang :

1.Media Informasi

Penyampaian informasi dengan cara online memang selalu lebih cepat dibanding penyampaian informasi dengan cara offline. Hal ini juga didukung dengan teknologi smartphone yang bisa mengakses informasi secara online dengan sangat cepat.

Maka dari itu kehadiran website sekolah ini dapat menjadi media informasi yang sangat efisien. Tujuan penyampaian informasi ini tidak hanya untuk siswa, namun juga orang tua siswa. Artinya jika dalam satu website bisa dibuatkan kolom tertentu yang membedakan informasi mana yang dapat diakses dengan umum dan informasi yang diakses dengan username serta sandi tertentu untuk para siswa dan guru.

Selain itu manfaat untuk orang tua tentunya akan sangat mudah dalam memilih sekolah yang cocok untuk anaknya nanti. Dan lewat informasi yang disajikan melalui website sekolah, maka orang tua akan mengetahui sejarah dari sekolah tersebut, visi misi, prestasi dan lainnya.

Untuk siswa sendiri pastinya juga sangat banyak. Selain memperkenalkan dan juga membiasakan dengan pemakaian produk teknologi berbasis web. Siswa juga mempunyai sumber informasi yang tepat untuk mengakses nilai hasil ujian, jadwal ujian dan lainnya. Website dapat berisi banyak informasi yang bermanfaat untuk siswa. Baik untuk keperluan pendidikan formal serta untuk pengembangan diri.

2. Media aktualisasi diri

Website yang berperan sebagai media penerbitan berbagai macam konten yang nantinya memungkinkan untuk dilihat banyak orang. Kondisi inilah yang nantinya dapat dijadikan sebagai ajang untuk aktualisasi diri untuk para siswa yang berbakat. Misalnya pada anak yang suka menulis baik berupa cerpen, resensi buku, essai dan lainnya dapat disiapkan kolom tertentu yang memediasi tulisan anak tersebut.

Artinya bahwa website sekolah dapat berperan layaknya majalah dinding. Anak dapat menuliskan banyak hal sebagai bentuk aktualisasi diri. Bahkan selain itu, website juga dapat menjadi galeri atau tempat untuk menyimpan berbagai macam foto. Misalnya foto terkait moment menarik seperti saat menjuarai event tertentu, penamatan siswa dan juga penerimaan siswa baru. Website dapat menjadi arsip yang dapat diakses kapan saja dan juga dimana saja.

3. Media promosi sekolah

Setiap tahunnya memang selalu saja ada penambahan sekolah. Baik itu sekolah swasta atau sekolah negeri. Hal ini bertujuan supaya anak indonesia tersentuh oleh pendidikan formal. Akan tetapi, kian bertambahnya sekolah ternyata juga menjadi persaingan tersendiri untuk memperoleh siswa.

Sebab ternyata ada sekolah yang difavoritkan, sehingga nantinya calon siswa berlomba untuk mendaftar di sekolah tersebut. Artinya bahwa untuk memperoleh calon siswa, sekolah pun perlu melakukan promosi pada masyarakat.

Media promosi yang baik ialah website sekolah. Masyarakat modern pastinya akan lebih senang mengakses informasi dengan online.

Memang, pentingnya website bagi sekolah ini banyak sekali manfaat positif jika dikelola dengan benar. Akan tetapi ternyata sampai saat ini belum semua sekolah mempunyai website sendiri. Alhamdulillah kami panjatkan syukur kepada Allah SWT karena sekarang ini sekolah Kami (MAS Ashhabul Yamin Bakongan Aceh Selatan) sudah memiliki website sekolah yang dikelola secara mandiri.